9MUsII5GqZPsi8kBHW4w0KdPjCwnYgtOYfziXq0r

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

MENGENAL CABANG ILMU EPIDEMIOLOGI

 

Konsep Epidemiologi
Konsep Epidemiologi

Epidemiologi adalah salah satu cabang ilmu di bidang kesehatan. Cabang ilmu ini dianggap sebagai ilmu dasar dalam kesehatan masyarakat. Istilah epidemiologi mungkin masih jarang didengar jika dibandingkan dengan cabang ilmu kesehatan lainnya seperti kedokteran, keperawatan dan kebidanan. Masih banyak yang belum memahami apa itu epidemiologi dan cabang ilmu seperti apa epidemiologi itu. Tetapi sejak pandemi corona istilah ini sudah mulai akrab terdengar ditelinga dan diketahui oleh banyak orang. Pemberitaan diberbagai kanal media baik melalui media elektronik, cetak maupun digital banyak menginformasikan kutipan tanggapan para ahli epidimiologi atau yang dikenal dengan epidemiolog terhadap kejadian pandemi corona. Di televisi, radio dan channel youtube para ahli epidemiologi sering diminta sebagai narasumber untuk memberikan pandangan dan alternative solusi terkait dengan pandemi corona yang terjadi di Indonesia. Para epidemiolog kerap diminta untuk melakukan analisis dan kajian guna memberikan masukan solusi untuk mengatasi pandemi corona. Analisis dan kajian epidemiologi para epidemiolog ini digunakan sebagai dasar penetapan kebijakan pencegahan dan pengendalian pandemi.

 

SEJARAH SINGKAT EPIDEMIOLOGI

Cabang ilmu epidemiologi sebenarnya sudah ada sejak lama walaupun secara konsep belum terangkum secara resmi dalam sebuah cabang disiplin ilmu yang tersistematis. Epidemiologi sebagai cabang disiplin ilmu yang dipelajari secara sistematis baru berkembang sejak beberapa puluh tahun terakhir. Tetapi konsep kerja dan pola pemikiran epidemiologi sudah diaplikasikan oleh manusia sejak dahulu kala bahkan sejak zaman sebelum masehi semenjak manusia mengenal penyakit menular. Walaupun pada saat itu penyebab penyakit dianggap berasal dari kekuatan gaib yang jahat tetapi sudah ada usaha dalam melawan penyakit tersebut dengan konsep epidemiologi dasar. Pada 1000 tahun SM di Cina dan India sudah dikenal metode Variolasi untuk melawan penyakit Variola (Cacar). Orang India pada masa itu sudah mengenal bahwa penyakit pes erat hubungannya dengan tikus dan kusta diketahui mempunyai hubungan erat dengan kepadatan penduduk.

Konsep-konsep sederhana yang muncul dari pemikiran orang-orang terdahulu berkaitan dengan penyakit, penyebab, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit dan upaya pengendalian penyakit. Hal-hal yang ditemukan diawal inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya ilmu epidemiologi yang kemudian terus berkembang.

 

PENGERTIAN

Epidemiologi secara harfiah berasal dari bahasa Yunani yaitu epi yang berarti pada, demos berarti masyarakat dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah epidemiologi berarti ilmu yang mempelajari hal-hal atau kasus-kasus yang terjadi pada masyarakat.

Pengertian epidemiologi dari awal munculnya terus berkembang dan disempurnakan. 

Pengertian epidemiologi secara utuh yaitu ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi (penyebaran) penyakit atau masalah kesehatan pada sekelompok orang atau masarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

 

TUJUAN EPIDEMIOLOGI

Ilmu epidemiologi ini ditujukan untuk mengetahui gambaran penyakit atau masalah kesehatan yang terjadi, penyebab, pola yang terjadi di masyarakat, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya. Timbul pertanyaan jika ini sudah diketahui apa manfaatnya???

Dengan adanya data yang dianalisis menjadi informasi bisa dijadikan dasar dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit atau masalah kesehatan tersebut di populasi.

Selain itu dengan diketahui gambar penyakit, frekuensi dan distribusinya bisa dilakukan prediksi perkembangan penyakit dan masalah kesehatan kedepannya sehingga bisa dijadikan dasar pengambilan kebijakan dan keputusan untuk mencegah terulangnya kejadian yang sama atau mencegah meluasnya efek yang ditimbulkan penyakit atau masalah kesehatan.

Data dan hasil analisi epidemiologi juga bisa digunakan sebagai dasar perencanaan program, perhitungan kebutuhan layanan kesehatan logistic dan hal-hal lain yang dibutuhkan dalam rangkaian upaya pencegahan dan pengendalian penyakit.<dkr>

 


Related Posts
Epidemiolog Muda
Forum berbagi informasi seputar dunia kesehatan dan epidemiologi

Related Posts

Related Posts

5 komentar

  1. Semoga vaksin korona bisa ditemukan oleh para epidemiolog

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaminn.... sekarang vaksin masih dalam tahapan uji coba tahap ke 3. Kita doakan saja semoga vaksin yang aman dan ampuh segera tersedia

      Hapus
  2. Wah, memang cabang ilmu epidemiologi jarang terdengar. Dan ternyata epidemiologi ini sangat besar pengaruhnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap benar sekali, epidemiologi tidak bisa dilepaskan dari dunia kesehatan terutama kesehatan masyarakat

      Hapus