9MUsII5GqZPsi8kBHW4w0KdPjCwnYgtOYfziXq0r

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

MEMAHAMI PENGERTIAN DAN TUJUAN PENELITIAN

Pengertian, tujuan dan jenis penelitian
Penelitian

Bicara soal epidemiologi tidak bisa dilepaskan dari kata "Penelitian". Untuk mencari hubungan sebab akibat, mengungkap fenomena kesehatan, mencarikan solusi dari suatu masalah kesehatan dan menarik kesimpulan dari suatu kondisi bisa dilakukan dengan penelitian. Oleh sebab itu seorang epidemiolog harus paham betul dengan penelitian. Kali ini kita akan bahas tuntas mengenai pengertian, tujuan dan jenis penelitian.


PENGERTIAN PENELITIAN

Penelitian adalah suatu proses pemecahan masalah dengan pendekatan dan metode ilmiah yang dilakukan secara  sistematis. 

Penelitian harus bersifat ilmiah artinya harus berdasarkan pada data dan fakta empiris, objektif dan logis. 

Penelitian harus sistematis artinya ada tahapan baku yang harus dilewati menurut aturan dan ketentuan yang berlaku sehingga kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian bisa diakui kebenarannya.


PENGERTIAN PENELITIAN 

MENURUT BEBERAPA AHLI :


1. Soerjono Soekanto

Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten dan bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya.

2. Sanapiah Faisal

Penelitian adalah suatu aktivitas dalam menelaah suatu problem dengan menggunakan metode ilmiah secara tertata dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat diandalkan kebenarannya mengenai dunia alam dan dunia sosial.

3. Soetrisno Hadi

Penelitian adalah usaha dalam menemukan segala sesuatu untuk mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada, menggali lebih dalam apa yang telah ada, mengembangkan dan memperluas, serta menguji kebenaran dari apa yang telah ada namun kebenarannya masih diragukan.

4. Donald Ary

Penelitian adalah penerapan dari pendekatan ilmiah pada suatu pengkajian masalah dalam memperoleh informasi yang berguna dimana hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

5. John

Penelitian ialah pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas dalam menemukan hubungan antara fakta dan menghasilkan hukum tertentu.

6. Woody

Penelitian adalah suatu metode untuk menemukan sebuah pemikiran yang kritis meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, membuat formulasi hipotesis atau mengadakan uji coba yang sangat hati-hati atas segala kesimpulan yang diambil apakah kesimpulan tersebut sesuai dengan hipotesis.

7. Hill Way

Penelitian adalah metode studi yang sifatnya mendalam dan penuh kehati-hatian dari segala bentuk fakta yang bisa dipercaya atas suatu masalah tertentu untuk mencari pemecahan masalah.

8. Hadi Sutrisno

Penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah.

9. Sukmadinata

Penelitian adalah suatu proses pengumpulan dan analisis atau pengolahan data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

10. Mohamad Ali

Penelitian adalah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui proses penyelidikan atau usaha dengan mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah tersebut, yang dilakukan secara hati-hati sehingga diperoleh pemecahannya.

11. Supadmoko

Penelitian adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta baru dan juga sebagai penyaluran hasrat keingintahuan manusia

12. Fellin, Tripodi & Meyer 

Penelitian adalah suatu cara yang sistematik yang bertujuan meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan sehingga dapat disampaikan atau dikomunikasikan serta diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain.


TUJUAN PENELITIAN

Penelitian secara umum bertujuan untuk pemecahan masalah dengan mengungkap hubungan sebab akibat, membuktikan dugaan sementara, mengungkap fenomena, mencari kebenaran yang dinyatakan dalam bentuk kesimpulan, teori, atau konsep yang diakui kebenarannya secara ilmiah.

Tujuan penelitian secara garis besar dikelompokkan menjadi tujuan eksploratif, tujuan verifikatif dan tujuan pengembangan.

1. Tujuan Eksploratif

Penelitian ditujukan untuk menemukan informasi, pengetahuan, bahkan teori  baru mengenai segala sesuatu yang sebelum pernah ada sebelumnya. 

2. Tujuan Verifikatif

Penelitian ditujukan untuk menguji atau membuktikan kembali teori, pengetahuan, atau hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian yang baru nantinya bisa saja akan memperkuat teori atau hasil penelitian yang terdahulu. Hasil penelitian yang baru juga bisa menggugurkan konsep, teori atau penelitian sebelumnya.

3. Tujuan Pengembangan

Penelitian ditujukan untuk menggali lebih dalam dan mengembangkan teori atau penelitian yang sudah ada sebelumnya sehingga lebih bisa menjawab masalah-masalah atau fenomena yang terjadi



Related Posts
Epidemiolog Muda
Forum berbagi informasi seputar dunia kesehatan dan epidemiologi

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar