9MUsII5GqZPsi8kBHW4w0KdPjCwnYgtOYfziXq0r

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

TIPS AMAN DALAM BERKEGIATAN SELAMA MASA PANDEMI


Tiga protokol wajib yang selalu disampaikan oleh pemerintah sejak awal Pandemi COVID-19 yaitu penggunaan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan. Awalnya terasa sulit, tetapi perlahan-lahan tanpa disadari hal tersebut berubah menjadi kebiasaan. Kebiasaan baik ini wajib kita pertahankan selama berkegiatan di masa Pandemi terutama saat berada di luar rumah.

Berikut beberapa tips sehat dan aman dalam berkegiatan selama masa Pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 :


Selalu Gunakan Masker Selama Beraktivitas Di Luar Rumah

Menggunakan Masker
Menggunakan Masker


Selalu Menggunakan Masker. Menggunakan masker merupakan suatu bentuk tanggung jawab menjaga diri sendiri dan orang lain dari potensi penularan COVID-19. Kita tidak tahu apakah kita atau orang-orang yang kita temui benar-benar sehat atau malah carier/orang tanpa gejala yang bisa menjadi penular bagi yang lain. Walaupun ada beberapa orang yang berdalih sehat karena sudah dilakukan rapid test dan dinyatakan non reaktif COVID-19 maka bukan berarti mereka akan bebas COVID-19 selamanya. Meraka bisa saja tertular saat beraktivitas atau dalam perjalanan. Potensi-potensi ini yang kita minimalisir dengan selalu menggunakan masker terutama saat berinteraksi dengan orang lain.


Selalu Menjaga Jarak Aman Dengan Orang Lain

Menjaga Jarak
Menjaga Jarak

Menjaga jarak aman saat beraktivitas perlu dilakukan. Hal ini menjadi penting karena bisa menurunkan risiko penularan COVID-19 yang berasal dari droplet cairan hidung dan mulut saat bicara, batuk maupun bersin. Percikan cairan mulut dan hidung bisa menyembur sampai beberapa meter. Oleh sebab itu kombinasi menggunakan masker dan jaga jarak akan menurunkan potensi penularan COVID-19 secara drastis.  


Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan 

Mencuci Tangan
Mencuci Tangan


Menjaga kebersihan diri dan lingkungan wajib dilakukan. Terutama menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan cara yang benar. Hal ini penting dilakukan karena penularan COVID-19 bisa terjadi saat memegang benda-benda yang terkontaminasi Virus Corona atau saat bersalaman. Oleh sebab itu penting mencuci tangan terutama sebelum memegang area wajah. Wajah merupakan pintu masuknya Virus Corona yaitu mukosa hidung, mulut, dan mata.

Mencuci tangan agar efektif harus dilakukan dengan cara yang benar yaitu menggunakan sabun dan air yang mengalir yang dilakukan minimal 20 detik dengan menjangkau seluruh area tangan dengan baik (telapak tangan, punggung tangan, jari-jari, sela-sela jari).

Tidak semua tempat terdapat fasilitas CTPS, oleh sebab itu jangan lupa membawa hand sanitizer, dan gunakanlah untuk membersihkan tangan atau benda-benda yang akan atau sering dipegang seperti tombol lift, gagang pintu dan benda-benda lainnya.

Selain menjaga kebersihan tangan tentu kebersihan tubuh secara keseluruhan tidak boleh di abaikan. Segera mandi membersihkan diri sesampainya di rumah sehabis melakukan aktivitas di luar. Jangan menyentuh atau berkeliaran di rumah sebelum mandi atau membersihkan diri.

Menjaga kebersihan lingkungan juga suatu keharusan. Rumah harus dibersihkan setiap hari mulai dari lantai dan permungkaan benda-benda yang ada dirumah terutama yang sering digunakan. Bersihkan rumah dengan cairan pembersih yang mengandung sabun atau disinfektan.


Tingkatkan Daya Tahan Tubuh 

 

Meningkatkan Imunitas
Meningkatkan Imunitas

Konsisten meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh kebal dan terhindar dari infeksi Virus Corona. Ada beberapa cara untuk meningkatkan imun tubuh diantaranya berolah raga, konsumsi makanan sehat seimbang serta mengkonsumsi multivitamin dan jangan lupa untuk menghindari stres dan istirahat yang cukup.

Olah raga harus dilakukan dengan cara yang tepat yaitu olah raga dengan intensitas sedang. Olah raga yang berlebihan bisa berakibat menurunkan daya tahan tubuh karena bisa mengakibatkan kelelahan. 

Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi terutama dengan memenuhi kebutuhan buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral alami. 

Konsumsilah multivitamin jika merasa pemenuhan kebutuhan vitamin tidak terpenuhi dari konsumsi makanan sehari-hari. Tetapi jika dirasa kebutuhan vitamin sudah terpenuhi dengan konsumsi makanan, buah dan sayur setiap hari maka tidak perlu mengkonsumsi suplemen atau multivitamin.

Upayakan untuk istirahat dalam jumlah yang cukup, terutama cukupkan waktu tidur malam. Penuhi kecukupan waktu tidur malam minimal 6 jam dan jangan begadang. Hindari stres yang berlebihan, lakukan aktivitas yang menyenangkan sehingga tubuh dan hati selalu bahagia dan tenang.


Diatas adalah beberapa gaya hidup yang bisa diterapkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari selama masa Pandemi COVID-19. Semoga dengan usaha terbaik yang dilakukan bisa mencegah kita semua dari COVID-19, sehingga kasus segera terkendali dan reproduction number mencapai nilai nol atau tidak ada penularan baru yang terjadi. Dan semoga kehidupan kembali ke kondisi yang normal seperti biasa, sehingga kita bisa berkegiatan kembali dengan santai. <dkr>

#StaySafe 

#StayHealthy

#Stayathome

#IndonesiaBisa 

Related Posts
Epidemiolog Muda
Forum berbagi informasi seputar dunia kesehatan dan epidemiologi

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar